Pages

Rabu, 11 Juli 2012

Cara Mengatasi ( Mengobati ) Penyakit Bisulan | Tips Kesehatan | Cara Mengatasi Dan Penyebab Sakit Bisul

Cara Mengatasi ( Mengobati ) Penyakit Bisulan | Tips Kesehatan | Cara Mengatasi Dan Penyebab Sakit Bisul - Posting kali ini KBG akan mebahas tentang penyakit bisulan, Bisul adalah salah satu penyakit kulit yang sangat menganggu karena gara - gara penyakit bisul bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup parah. Berikut proses terjadinya penyakit dan penyebab bisul :
  1. Bakteri - bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat jaringan kulit.

  2. Bakteri - bakteri tersebut kemudian mengeluarkan racun yang bisa membunuh sel - sel di sekitarnya.

  3. Tubuh akan melakukan pertahanan dengan cara mengirimkan sel darah putih untuk membunuh racun tersebut.

  4. Secara otomatis, sel kulit akan menghalangi toksin tersebut menyebar dengan cara membentuk jaringan atau dinding bisul.

  5. Karena racun ini mengumpul di satu titik kulit.

  6. Penyakit bisul yang paling banyak terjadi adalah karena faktor kebersihan. Tubuh selalu bersentuhan dengan kuman dan bakteri, bila jarang dibersihkan, bakteri ini tentu akan masuk ke dalam tubuh.

  7. Bisul bisa terjadi karena suatu alergi terhadap protein tinggi. ada beberapa orang yang menderita bisul setelah memakan telur, baik telur ayam maupun telur burung puyuh. hal ini hanya terjadi pada beberapa orang saja yang memang memiliki alergi tersebut.

Setelah sobat sudah mengetahui penyebab penyakit bisul, berikut adalah beberapa tips mencegah penyakit bisulan yang patutbisa sobat lakukan :
  1. Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari untuk membuat tubuh Ssobat selalu bersih dan terbebas dari kuman atau bakteri.

  2. Ganti baju terutama pakaian dalam secara teratur, karena memakai pakaian yang sama selama berhari - hari hanya akan membuat permukaan tubuh kotor walaupun sudah mandi berkali - kali.

  3. Segera lap keringat sobat atau pakai kipas angin agar kulit tidak terlalu lembab. kondisi yang sangat lembab sangat disukai oleh bakteri sehingga mereka bisa berkembang biak dengan baik di lapisan kulit.

  4. Saat selesai mandi, cuci muka, atau cuci tangan, segera pakai lap atau handuk agar tubuh benar - benar kering dan tidak terlalu lembab.

  5. Bagi sobat yang alergi telur atau protein tinggi, sebaiknya hindari makanan seperti itu agar tidak timbul bisul.

Bisul umumnya terjadi di daerah / bagian tubuh yang sering berkeringat, seperti leher, ketiak, kaki, paha, atau pantat. Bisul ini berisi nanah berwarna putih yang sangat kental. Berbeda dengan jerawat, bisul akan terasa sangat sakit bila disentuh. Karena itulah penyakit bisul ini sangat menganggu. Pengobatan bisul jangan asal diobati, cara pengobatan sesuai stadium.


Menggunakan Obat Traditional :
  1. ( Dewasa  no 1-3 ), rendaman gamping dan Gula aren perbandingan 1:1 ditambah air secukupnya dioleskan ke bisul, Beberapa kali aku coba resep ini bisul tidak jadi muncul.

  2. Bawang putih + Kentang diparut dan ditempelkan ke Bisul

  3. Daun Pohon Ungu yg biasa dipakai untuk wasir. Daun ditumbuk dan ditempelkan pada bisul atau daun diolesi minyak kelapa dibakar dan ditempelkan di bisul

  4. ( Anak - anak no 4 - 5 ), Daun ungu atau Daun Bawang putih ditumbuk halus dan ditempelkan ke Bisul.

Menggunakan Antibiotik : Lyncomycin 500 mg 3 × 1 selama 4 hari. Harga bervariasi 1000 ( generik ) atau 11 rb ( paten ) perkapsul . Aku pakai yang generik antibiotik ini efektif banget untuk menghilangkan Bisul dan jerawat, Menggunakan Salep : Gentamycin ( 3-5rb ) atau Garamycin ( 25-35rb ) salep dioleskan untuk stadium 1-2, Salep Ichtiyol sebaiknya tidak dipakai pada stadium 1 karena penggunaan antibiotik lyncomycin dan salep Gentamyscyn / Garamycin sudah cukup efektif dan meredakan bengkak kecil bisul,...


  1. Jika sudah besar sebaiknya tidak digunakan obat tradisional tapi obat Antibiotik dan salep.

  2. Atibiotik sama dengan stadium 1 dan 2 tapi jika belum sembuh juga bisa digunakan Ceradolan dengan zat aktif Sefotiam diHCl. Tapi sayang obat ini agak mahal, Obat ini berbentuk tablet 200mg x 20 biji harga + 250rb cukup efektif untuk Bisul yang kurang efektif jika diobati dengan antibiotik Lyncomycin, Gentamycin dan Amoxycylin.

  3. Karena benjolan sudah besar ( isinya mata lemak dan nanah ) sebaiknya dikeluarkan agar cepat matang diberi salep Ichtiyol.

Keluarkan mata bisul yang sudah matang, Jika tidak bisa sendiri sebaiknya dilakukan oleh dokter yang lebih ahli, karena Bisul besar Stadium 3 baru bisa sembuh jika mata bisul bisa dikeluarkan. Mata bisul bisa dikelurkan jika bisul membesar & untuk mempercepat pembesaran bisa diolesi ichtiyol. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa tambahkan jaringan teman di KBG,...

0 komentar:

Posting Komentar