Pages

Sabtu, 01 September 2012

KOmpOnen - KOmpOnen Perangkat Keras Pada Komputer | Tips Komputer | Penjelasan Perangkat Keras Pada Komputer

KOmpOnen - KOmpOnen Perangkat Keras Pada Komputer | Tips Komputer | Penjelasan Perangkat Keras Komputer  Di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita hanya akan membahas arsitektur pada umumnya, Secara garis besar arsitektur computer dapat di bagi menjadi 3 yaitu : Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain / mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb :  Primary storageControl unit ( unit pengendali ), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage ( penyimpanan sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage. Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan. ( penyimpanan primer ), berisi data yang diolah & program,...


Central Processing Unit, Disinilah jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama dalam CPU :

  1. Processor : Menjalankan program.

  2. Motherboard : Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.

  3. Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan  ke monior.

  4. Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam  computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.

  5. Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.

  6. Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.

Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal ). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard, keytotape, keytodisk,...
    1. Keyboard, Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868.

    2. Mouse, Pada dasarnya, penunjuk ( pointer ) yang dikenal dengan sebutan ”Mouse” dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita.

    3. Scanner, Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.

    Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat berupa :
    1. Hard-copy device yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.

    2. Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh : Printer : Output device yang berfungsi mencetak data ( Dokumen, Picture, web page, dll ) Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU. Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor. Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.

    0 komentar:

    Posting Komentar