Pages

Kamis, 03 Januari 2013

Unit Masukkan (input)



Unit Masukkan (input) Adalah alat untuk memasukkan data ataupun program untuk diolah oleh komputer sehingga menjadi sebuah informasi.
contoh  unit masukkan


1.    Keyboard.

keyboard merupkan peranti masukkan yang terdiri atas kumpulan huruf dan angka. Pada keyboard terdapat tombol-tombol khusus yang memiliki fungsi husus. Untuk mengetahui fungsi keyboard, tekan tombol keyboard dan perhatikan perubahan pada monitor komputer anda.
tombol-tombol pada keyboard terbagi atas tombol fungsi, tombol alfanumerik, tombol kontrol, dan tombol numerik.
•    Tombol fungsi digunakan untuk memberikan perintah dengan cara lebih singkat.
•    Tombol alfa numerik digunakan untuk melakukan pengetikan.
•    Tombol kontrol digunakan untuk memindahkan kursor kesegala arah.
•    Tombol numerik digunakan untuk pengetikan angka.
Jenis-jenis keyboard yang digunakan , serial, port serial 2 (PS2), dan universal serial bus (USB)

2.    Mouse


mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk menggerakan kursor dan menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Jenis-jenis mouse yaitu, serial, PS2, USB. Untuk mengetahui fungsi mouse, gerakkan mouse anda dan perhatikan apa yang terjadi pada pointer dilayar monitor anda

3.    Scanner.


scanner adalah alat untuk mengubah teks atau gambar (misalnya, foto,  dokumen dan kuitansi) menjadi gambar digital.

4.    Floppy Disk Drive.



floppy disk drive adalah alat untuk menulis, membaca data, dan merekam data.

5.    CD-ROM dan CD-RW


compact Disc-Read Only memory (CD-ROM) adalah alat untuk membaca Compact Disc (CD) atau Video Compact Dis (VCD) pada komputer. Selain CD-ROM, ada juga Compact Disc Read and Write (CD-RW), yaitu alat serupa CD-ROM, namun selain dapat membaca CD, juga dapat merekam data ke CD.

6.    DVD-ROM dan DVD-RW


Digital Video Disc-Read Only Memory (DVD-ROM) adalah alat untuk membaca CD, VCD, atau DVD pada komputer. Selain DVD-ROM, ada juga Digital Video Disc-Read and Write (DVD-RW), yaitu alat serupa DVD-ROM, namun selain dapat membaca CD, VCD, dapat juga merekam data ke keping DVD.

7.    Voice Input.


Voice Input adalah alat untuk merakam suara manusia dan mengubahnya menjadi file digital untuk dimasukkan kedalam komputer.
bagaimana Voice Input ini bekerja???
penggunaan (user) berbicara melalui mikrofon. Suatu alat berupa chip akan menganalisis gelombang suara dan mengubahnya kedalam kode Binner yang dimengerti oleh komputer. Kode ini akan dibandingkan oleh komputer dengan sumber data. Apabila cocok, hasilnya akan ditampilkan pada layar komputer.
Tambahan

Quicktionary



handheld scanner adalah jenis scanner yang dapat digunakan untuk menerjemahkan berbagai bahasa, seperti dari bahasa prancis kebahasa inggris atau dari bahasa spanyol kebahasa inggris. Alat tersebut bernama quicktionary.
car menggunakannya adalah dengan menyorot teks yang akan diterjemahkan sehingga hasil terjemahannya akan langsung terlihat pada layar scanner tersebut, terjemahan tersebut disimpan sebagai data untuk dimasukkan kedalam komputer.

Barcode


Scanner barcode sering anda jumpai di supermarket ketika anda melakukan transaksi pembayaran dikasir. Kasir cukup menempelkan barang yang anda beli ke scanner sehingga hasilnya langsung terlihat pada layar komputer. Biasanya scanner barcode ini mengidentifikasi barang berupa nama barang srta harga dari barang tersebut.












0 komentar:

Posting Komentar