Pages

Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal | Tips Kesehatan | Cara Pencegahan & Pengobatan Penyakit Ginjal

Tips Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal | Tips Kesehatan | Cara Pencegahan Dan Pengobatan Penyakit Ginjal - Tips mencegah Ginjal ini saya posting buat para sobat  untuk lebih waspada terhadap penyakit - penyakit ganas, Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi. Ginjal dianggap mengalami kegagalan secara mendadak atau biasa disebut acute renal failure kalau ginjal tersebut tidak bisa berfungsi secara mendadak, Gagal ginjal mendadak biasanya dapat disembuhkan dengan obat, dialisa atau cuci darah. Kalau pembersihan ginjal seperti ini berhasil, biasanya penderita akan sembuh kembali dan ginjal akan berfungsi secara normal. Namun gagal ginjal pada umumnya terjadi secara bertahap selama bertahun - tahun. Sehingga apabila tanda - tanda tersebut dapat diketahui secara dini, penderita bisa mendapatkan bantuan. Berikut ini akan KBG bahas Tips Untuk Menuntaskan Cara Mencegah & Pengobatan Terjadinya Penyakit Ginjal,...



Penyakit ginjal sering menyerang tanpa adanya keluhan sama sekali dari penderita penyakit ginjal. Penyebab gagal ginjal yang terutama disebabkan oleh diabetes, sedangkan penyebab gagal ginjal yang kedua adalah penyakit genetik seperti kelainan kekebalan, cacat lahir dan sebab - sebab lainnya. Berikut ini adalah gejal - gejala penting yang berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi menjadi penyakit gagal ginjal :
  1. Penimbunan Sampah Dalam Darah ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual, tidak ada nafsu makan, daya tahan tubuh sangat berkurang. 

  2. Masalah Keseimbangan Cairan. Penimbunan cairan dengan tanda-tanda pergelangan kaki an juga wajah membengkak. Sebaliknya, pengeringan cairan bisa ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.

  3. Gangguan Hormon. Dengan berkurangnya daya kerja ginjal bisa menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak hormon atau ekstra hormon. Akibatnya akan menambah hormon tekanan darah. Sebaliknya, hormaon yang lain menjadi berkurang produksinya. ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah & juga tulang rapuh.

Seseorang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu risau. Kehidupan normal masih tetap dapat dijalani dengan baik. Bahkan dianjurkan untuk tetap berolah raga dengan teratur dan makan dengan makanan yang wajar. Untuk menghindari rusaknya ginjal, Cara mencegahnya adalah :
  1. Olah Raga. Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Olah raga yang teratur tidak terlalu berat, akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olah raga berat namun tidak teratur. Misalnya melakukan jalan santai setiap pagi / bersepeda 1-2jam per minggu.

  2. Berhenti Merokok. Dilihat dari sudah pandang manapun merokok akan selalu merugikan tubuh sobat. Karena rokok dengan kandungan nikotinnya dalam proses jangka waktu lama akan merusak organ-organ penting tubuh Anda, baik paru - paru, kulit, jantung maupun ginjal.

  3. Kurangi Makanan Berlemak. Makanan berlemak akan menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah sobat meningkat.

  4. Perhatikan berat badan sehingga sobat dapat terhindar dari obesitas.

  5. Konsumsi Air Putih. Mengonsumsi air putih yang cukup, menghidari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghidari konsumsi obat - obatan secara sembarangan ( tanpa resep dokter ) merupakan hal sederhana yang bisa sobat lakukan untuk mengurangi potensi munculnya penyakit ginjal.

  6. General Checkup. Gagal ginjal juga dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan ( medical checkup ) secara rutin, termasuk pemeriksaan urin dan darah. Memeriksakan gangguan ginjal seperti kencing batu, prostat dapat mecegah munculnya gagal ginjal.

  7. Masalah Keseimbangan Cairan. Penimbunan cairan dengan tanda-tanda pergelangan kaki an juga wajah membengkak. Sebaliknya, pengeringan cairan bisa ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.

Semoga Artikel Tips Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal diatas tadi bisa sobat terapkan dengan baik dan benar dan insya allah sobat bisa terhindar dari penyakit tersebut, somoga Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal bisa bermanfaat buat sobat dan jangan lupa tambahkan jaringan teman sobat diKBG, dan saya berharap tips - tips di kolom blog gratis bisa sobat sebar luaskan ke temen - temen, saudara atau bisa dibuat posting blog sobat tetapi jangan lupa tetap mencantumkan link sumber artikel yang terkait,...

0 komentar:

Posting Komentar